Ayo Kuliah di Kirklareli University Turki

Uncategorized

Ayo Kuliah di Kirklareli University Turki

Pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah di luar negeri semakin meningkat setiap tahunnya. Berbagai negara seperti negara-negara di Eropa, Australia, Amerika, Jepang, Singapura, Malaysia, dan lainnya, menjadi incaran para pelajar yang ingin sukses dengan belajar di negara-negara tersebut.

Namun, belum banyak pelajar kita yang mengetahui kalau negara Turki juga bisa menjadi pilihan utama untuk melanjutkan studi. Siapa tidak tahu negara Turki.

Negara ini adalah tempat kekhalifahan Islam terakhir. Setelah sempat menjadi ‘orang sakit di Eropa’, Turki saat ini telah berubah menjadi sebuah negara maju. Turki kini menjelma dan memiliki pengaruh kuat dalam pergaulan antarbangsa.

Di bawah kepemimpinan Recep Tayyib Erdogan, Turki telah berubah. Negara yang terletak di benua Eropa dan Asia ini telah menjelma menjadi negara yang memiliki perekonomian kuat. Paling tidak inilah yang tercatat dari peringkat ekonomi yang meloncat dari no 111 menjadi nomor 4 dunia.

Selain itu, Turki juga terus berkembang dalam urusan ilmu dan teknologinya, tujuan wisata dunia. Tak heran jika negara ini menjadi pilihan bagi para pelajar dunia untuk menuntut ilmu dan pengalaman berharga bagi masa depannya kelak.

Lalu hal yang utama dan terutama adalah Turki telah bertransformasi — dari negara yang sangat sekular menjadi negara dengan masyarakat yang mulai islami. Walaupun bentuk negara tetap dipertahankan sekuler.

Marilah kita simak catatan perjalanan ustadz KH Didin Hafiduddin.

“Turki benar-benar berubah 180 derajat sejak dipimpin Presiden Erdogan. Hal yang sangat menakjubkan adalah suasana keagamaan rakyat Turki yang begitu antusias.

“Sekarang masjid-masjid sangat ramai dengan pemuda yang beribadah dan juga kegiatan keislaman. Terutama yang paling mengagumkan adalah ketika waktu shalat shubuh datang, masjid di Turki sangat penuh sesak dengan jamaah yang didominasi kaum muda.”

“Suasana yang mirip dengan di Indonesia, pada shalat Jum’at. Luar biasa dan yang lebih mencengangkan para remaja Turki ke masjid dengan mobil-mobil mewah di parkir di halaman masjid.”

Transformasi Turki yang luar biasa itu tak pelak telah mengundang kehadiran para pelajar yang haus ilmu dari seluruh dunia. Berdasarkan data dari yayasan Bab’i Alem Turki, saat ini Turki dibanjiri oleh sekitar 110 ribu mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia, yang tersebar di lebih dari 200 universitas.

Universitas-universitas terkemuka di Turki berada di Kota Ankara dan Istanbul. Seluruh kampus di Turki baik negeri maupun swasta sudah mengadopsi Perjanjian Bologna, yaitu gelar dan programnya sudah sama dengan standar universitas-universitas yang berada di seluruh Eropa.

Beberapa universitas juga telah ikut dalam program Erasmus yaitu program pertukaran pelajar international ke berbagai negara.

Lantas apa yang menarik bagi pelajar Indonesia untuk kuliah di Turki. Paling tidak ada beberapa hal utama yang menjadi pertimbangan banyaknya mahasiswa asing berada di bangku kampus-kampus di Turki :

1. Adanya banyak kampus terbaik di berbagai kota dengan kualitas pendidikan yang mumpuni dan gelar yang diakui oleh dunia International.

2. Lingkungan yang aman dan nyaman. Bagi mahasiswa muslim, sangat mudah mendapatkan Masjid untuk menunaikan shalat dan membentuk lingkungan yang ideal dan serasi.

3. Biaya kuliah yang terjangkau. Karena dukungan subsidi yang besar dari pemerintah Turki, tidak ada uang pangkal kuliah dan SPP yang terjangkau. Bahkan di berbagai Universitas, biaya kuliah hanya berkisar Rp 1 jutaan per tahun. Bahkan sudah hampir menjadi rahasia umum bahwa biaya kuliah 1 tahun di Indonesia sama dengan biaya kuliah di Turki sampai tamat.

4. Living Cost yang murah. Di berbagai kota di Turki, estimasi biaya hidup mahasiswa adalah sekitar Rp 2.5 juta per bulan sudah termasuk biaya untuk sewa apartement, makan, transport, akomodasi, dan lainnya.

5. Berbagai beasiswa tersedia bagi pelajar asing yang telah bersekolah di Turki. Selain beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah, beberapa lembaga sosial juga memberikan perhatian kepada mahasiswa asing di Turki.

6. Dengan kuliah di Turki, para pelajar akan berbaur dengan para pelajar dari berbagai negara. Suatu hal yang tidak di temui bila kuliah di dalam negeri. Pergaulan International ini akan memberikan pengalaman, menambah perbendaharaan bahasa, serta jejaring perkawanan dan bisnis yang akan berguna di kemudian hari.

7. Negeri Turki memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya. Saat ini sekitar 50 juta wisatawan asing berkunjung ke Turki dalam setahunnya. Sehingga bisa kuliah sambil menikmati wisata di salah satu negeri destinasi utama wisata dunia.

8. Kesempatan mencari tambahan uang juga terbuka. Banyak mahasiswa memiliki berbagai usaha, dari mulai menjadi guide, usaha pariwisata, trading, dan lain sebagainya.

9. Turki juga adalah negara bebas visa bagi Warga Negara Indonesia. WNI yang ingin berkunjung ke Turki cukup mengurus E-Visa dari internet atau Visa on Arrival, sehingga bagi keluarga yang ingin berkunjung dapat menengok siswa kapan saja, tanpa repot mengurusi izin visa.

10. Letak Turki yang strategis memberikan nuansa dan pengalaman tersendiri bagi para pelajar yang kuliah disana. Mudah bagi pelajar yang ingin ‘jalan-jalan’ ke berbagai negara. Bagi mahasiswa muslim yang hendak umroh juga bisa berangkat ke Arab Saudi langsung dari Turki dengan biaya yang murah.

Mungkin banyak benefit lain yang dapat diperoleh oleh mahasiswa Indonesia yang kuliah di Turki, selain lebih mandiri dan memiliki berbagai pengalaman hidup.

Kampus-kampus di Turki juga sudah mulai memulai ‘ekspansi’ dengan memberikan perkenalan kepada berbagai negara, termasuk Indonesia. Mereka menyelenggarakan ujian masuk Universitas dengan langsung hadir di berbagai negara yang bersangkutan.

Salah satunya adalah Kastamonu Universitesi, sebuah universitas negeri yang berlokasi di propinsi Kastamonu, Turki. Universitas ini rencananya akan menyelenggarakan ujian masuk pada tanggal 9 Mei 2016 di Jakarta, dan telah membuka pendaftaran. Caranya pun mudah.

Kuliah di negeri orang termasuk kuliah di Turki, tentu juga memiliki berbagai tantangan. Dari mulai proses pendaftaran, ujian masuk, adaptasi, pergaulan, masalah biaya hidup, dan berbagai masalah lainnya.

Namun berbagai tantangan tersebut yang tentu juga dihadapi ketika berkuliah di dalam negeri, akan menjadi menarik dan menjadi pengalaman tersendiri serta menjadi pembelajaran dan seni tersendiri bagaimana dapat menyelesaikan masalah-masalah seputar dunia perkuliahan tersebut.

Penulis kondang, Helvy Tiana Rosa pun telah menyekolahkan putranya di Turki, dan tentu banyak lagi orang tua yang berminat dan akhirnya memutuskan untuk memberikan pengalaman studi di Turki bagi putra-putrinya.

Selamat Kuliah di negeri Khalifah…

About the Author:

2 comments

  1. AGUS SETIAWAN

    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULAHI WABARAKATUH,…..
    ALHAMDULILLAH INSYA ALLAH TURKY SEBAGAI NEGAR ISLAM YANG MAJU,BESAR DAN MENJADI PELOPOR BAGI NEGARA ISLAM LAINNYA TERUTAMA NEGARA ISLAM TIMUR TENGAH ,…SEBAB KALAU KITA JUJUR AMATI,PAHAMI NEGARA TURKY MERUPAKAN NEGARA YANG MAYORITAS PENDUDUKNYA MUSLIM ,TEKNOLOGI MAJU BAIK INDUSTRI,PENDIDIKANEKONOMI DAN YANG HEBAT TEHNOLOGI MILITAR NYA,..SEBAGAI SSESAMA MUSLIM,SEBAGAI SAUDARA SE IMAN ISLAM SAYA DOA KAN PRESIDEN RECEP ERDOGAN DAN PARA RAKYAT TURKY SAUDARA SEIMAN SAYA,…INSYA ALLAH SELALU SEHAT,SELAMAT,BANYAK RIZEKI,SELALU JAYA DAN SELALU MENDAPAT ANUGERAH TAUFIQ,RAHMAT,HIDAYAH IMAN ISLAM WAFAT DALAM HUSNUL KHATIMAH ,…AAMIIN YA ROBBAL ALAMIN,….WASSALAM

  2. Muhammad Rofie

    Subhanallah, Turki sudah ok semoga Alloh menjaga kaum muslimin di negara Turki

Leave a Reply

*